Back to top

Berita

Jalan Lingkar Timur Duri Selesai Dikerjakan, Sengketa Lahan Bermunculan

Rabu, 24 Februari 2016 , admin

PINGGIR, RIAUFAKTA.com – Setelah pengerjaan Jalan Lingkar Timur Duri usai, sengketa lahan di daerah perbatasan Desa Tasik Serai Barat, Kecamatan Pinggir dan Desa Bumbung, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis mulai bermunculan. Dan beberapa kelompok di daerah tersebut saling mengklaim kepemilikan lahan di daerah itu.

Menurut salah satu warga Sebanga, Janter Sormin yang mengklaim pemilik lahan di daerah jalan yang menghubungkan Sebanga- Bukit Kapur itu mengatakan, kalau kelompoknya sudah mengelola lahan tersebut sejak tahun 2006. Namun ada kelompok lain yang mengklaim lahan tersebut dari Desa Bumbung.

“Kalau menurut peta, lahan kami berada di daerah Desa Tasik Serai, dan legalitas surat lahan kami dikeluarkan oleh pemerintah Desa Tasik Serai, ” jelasnya pada wartawan, Senin (22/2/2016) lalu di pertemuan dua kelompok yang bersiteru terkait sengketa lahan di kantor Desa Tasik Serai Barat.

Nada serupa juga diutarakan oleh Sitorus. Pria itu mengatakan kalau pihaknya sudah pernah bertemu di lahan sengketa dengan pihak yang mengklaim (Samosir-Cs) dari Desa Bumbung. Pada saat itu, kami sepakat kalau Samosir- Cs tidak boleh lagi mengelola lahan tersebut.

“Pada tahun 2013 kemarin, kita sudah pernah bertemu dengan pihak Samosir-Cs, dari pertemuan kemarin kalau Samosir -Cs tidak lagi mengelola lahan tersebut, sebab legalitas suratnya dikeluarkan pemerintah Desa Bumbung.
Saya berharap, kalau pihak pemerintah Desa Tasik Serai Barat harus bersikap tegas untuk mempertahankan atas hak desanya, ” ujar Sitorus.

Setelah pertermuan dua kelompok yang bersiteru yang dimediasi oleh pihak pemerintah Desa Tasik Serai Barat, kemudian pengukuran dilapangan pun dilakukan.

Kepala Desa Tasik Serai Barat, Juliasdi Tanjung, saat dikonfirmasi usai pengukuran di lapangan mengatakan, kalau pihaknya hanya mengacu pada admistrasi.

“Pihak kita hanya mengacu pada admistrasi. Kalau situasi lahan di daerah ini yang tau kan orang tua/tokoh masyarakat di desa ini. Dan kita hanya bisa melakukan pembinaan, ” sebut Kades. ***(Parlin)

 

sumber : http://riaufakta.com/bengkalis/jalan-lingkar-timur-duri-selesai-dikerjakan-sengketa-lahan-bermunculan/


Berita Lain


Statistik  

Jumlah Penduduk Per Tahun